Like Apple Solution Facebook Page

970x90 Ads

free counters

YouTube Tutorial

Tuesday, November 8, 2011

mac os x lion

Mac OS X Lion, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Namun bagi yang sudah mengetahui tentu tahu apa dan bagaimana Mac OS X Lion. Mac OS X Lion adalah sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh raksasa ITApple khusus untuk komputer berbasis Mac tentunya. Mac OS X Lion sudah bisa didapatkan melalui Mac App Store sejak Rabu (20/7/2011) yang lalu.
Info dari MetreoTVnews.com menyebutkan bahwa sistem operasi ini sudah banyak yang membeli dan mendownloadnya. Tercatat lebih dari satu juta download pada saat hari pertama sistem operasi Mac OS X Lion ini dipasarkan untuk publik. Sistem operasi Mac OS X Lion dengan fitur multitouch ini dijual dengan harga yang terjangkau yaitu US$30. Bila kesulitan mendownload OS berukuran 4 GB tersebut Apple mempersilahkan user untuk datang ke toko-toko ritel Apple via Wi-Fi.
Mac OS X Lion_launchpad_2
Launchpad Mac OS X Lion
Peluncuran Mac OS X Lion ini disampaikan langsung oleh Peter Oppenheimer seorang CEO Apple pada Selasa malam. Berita sebelumnya menyebutkan bahwa perusahaan Apple yang berpusat di California ini juga merilis update Software Migration Assistant. Update ini memudahkan pengguna untuk melakukan transisi dari Snow Leopard ke update terbaru Mac OS X Lion 10,7. Mac OS X Lion update terbaru ini menawarkan lebih dari 250 fitur-fitur baru dengan antarmuka. Seperti salah satu diantaranya adalah iOS.

Fitur-fitur unggulan Mac OS X Lion

Dilaporkan 90% pembeli dan pengunduh menyatakan puas dengan Mac OS X Lion ini. Lantas seperti apa dan bagaimana itu Mac OS X Lion? Berikut beberapa informasi fitur-fiturnya yang saya dapatkan dari situsChips.co.id :
LaunchPad
LaunchPad adalah rumah bagi semua aplikasi Mac, ia dapat langsung diakses dari dock. Saat user menekan tombol LaunchPad maka semua jendela yang sedang terbuka dan aktif perlahan akan menutup dan hilang tergantikan dengan sebuah fullscreen dari semua aplikasi dalam Mac.
Full-Screen Apps
Fitur Fullscreen Apps ini mirip sekalidengan iPad karena memang mengadopsi dari Ipad. User bisa membuat semua aplikasi fullscreen sebagaimana dapat dilakukan pada iPad. Pergantian antar aplikasi dapat dengan mudah dilakukan menggunakan sapuan jari kita pada trackpad yang tersedia.
Mission Control
Mac OS X Lion_missioncontrol
Mission Control Mac OS X Lion
Mission Control adalah salah satu fitur yang menarik dari Mac OS X Lion. Didalam Mission Control ini dashboard, dekstop, fullscreen apps serta semua aplikasi dapat ditampilkan dengan dengan mudah melalui satu jendela dan bisa juga dijadikan grup. Hal ini tentu mempermudah user untuk melihat semua aktifitas yang sedang berjalan pada Mac.
AirDrop
Fitur AirDrop ini memudahkan berbagi file antar pengguna mac. Cukup hanya dengan menekan tombol AirDrop maka otomatis Mac akan mencari user lainnya yang sama-sama sedang mengaktifkan AirDrop. Dengan begitu sharing file pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa melakukan setting dalam opsi khusus.
Gestures and Animations
Gestures and Animations adalah penyempurnaan dari multitouch yang sudah ada sebelumnya. Penyempurnaan pada penambahan efek-efek yang membuat kegiatan trackpad multitouch terasa begitu nyata.
Auto Save
Disaat kita sedang mengerjakan suatu dokumen user akan selalu mengaktifkan fungsi penyimpanan secara manual. Malah kadang user lupa untuk melakukan penyimpanan dokumen yang sedang dikerjakan. Maka jika terjadi Mac mati atau hang dokumen pun hilang, pekerjaan yang sia-sia. Namun dengan adanya fitur Auto Save ini user tidak lagi khawatir lupa untuk menyimpan dokumen. Karena semua penyimpanan sudah dilakukan otomatis oleh Auto Save.
Versions
Version berfungsi untuk melakukan penyimpanan pada semua perubahan yang dilakukan saat pertama kali membuka dan juga setiap jam saat user membuat suatu dokumen. Fitur Version ini akan melakukan seluruh perekaman atas perubahan yang user lakukan dalam suatu dokumen. User pun dapat melihat perubahan apa saja yang terjadi saat pembuatan dokumen.
Resume
Dengan adanya fitur Resume user tidak perlu lagi menutup dokumen satu per satu saat akan melakukan restart Mac. Seperti misalnya selesai mengistall aplikasi berat yang membutuhkan restart. Dokumen bisa dibuka kembali sama halnya posisi seperti saat Mac belum di restart
tidak perlu lagi menutup satu-satu dokumen kita saat terjadi restart setelah software update misalnya atau setelah menginstall sebuah aplikasi yang memerlukan restart. Semua dokumen yang kita buka akan kembali lagi seperti posisi sebelum kita restart.
Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang terdapat dalam Mac OS X Lion. Karena Apple menawakan total 250 aplikasi dalam OS terbaru Mac ini. Tentu sangat disayangkan jika melewatkan keunggulan-keunggulan fitur yang terdapat dalam OS baru bernama Mac OS X Lion ini.

0 komentar: