Like Apple Solution Facebook Page

970x90 Ads

free counters

YouTube Tutorial

Thursday, November 25, 2010

tugas softskill 1

Permasalahan
1.      Suatu perusahaan manufaktur baru akan membangun suatu system informasi computer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan sistem informasi akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan.

Solusi
Menurut saya lebih baik perusahaan tersebut memulai sistem informasi komputernya dengan sistem informasi akuntansi, karena sistem informasi akuntansi mempunyai manfaat :
Ø  Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
Ø  Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
Ø  Meningkatkan efisiensi.
Ø  Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
Ø  Meningkatkan sharing knowledge.
Ø  menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan.
dan karena perusahaannya baru, dengan menggunakan SIA, bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan pembuatan produk perusahaan.

SEKILAS MENGENAI SIA
Definisi SIA :
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
1.   SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
2.   Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3.   Menangani data rinci
4.   Berfokus historis
5.   Menyediakan informasi pemecahan minimal



*      Perbedaan SIA dan SIM :
v  SIA mengumpulkan mengklasifikasikan,memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang
v   SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi.

2 komponen SIA
-  Spesialis Informasi
- Akuntan
2 aspek yang berhubungan dengan sistem bisnis modern yaitu :
1.    Pentingnya komunikasi antar departemen/subsystem yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
2.    Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.

Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi 2, yaitu :
-           informasi akuntansi keuangan, Informasi yang berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.
-           Informasi Akuntansi Manajemen, informasi yang berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.

0 komentar: